Kamis, 24 November 2011

cara mnendang bola mati ala cr 7

Menganalisa Teori Tendangan Bebas Cristiano Ronaldo

Ronaldo menggunakan "teori angin" untuk merubah laju bola..?
Semua orang pasti tahu ancang-ancang free kick tersebut. Ya, itu milik Cristiano Ronaldo. Salah satu pemain terbaik di dunia saat ini. Hmm, ternyata bukan hanya ancang-ancangnya saja yang unik tapi cara menendangnya juga unik. Tidak jarang dari tendangan bebas yang di lakukannya menghasilkan gol untuk timnya. Arah bola yang dihasilkan dari tendangannya juga unik, karena bola bisa berubah arah dalam sekejap. Sekarang saya coba membahas cara (tehnik) tendangan bebas Ronaldo dan mengapa bisa seperti itu.

Beckham, menggunakan tehnik menggesek bola.
Begitu banyak pemain yang piawai dalam mengeksekusi bola mati, seperti Juninho, Alessandro Del Pierro sampai yang paling famous David Beckham. Mereka seperti sudah terlatih untuk melakukan itu. Kebanyakan dari pemain mengeksekusi tendangan bebas dengan menggesek bola, hal tersebut untuk memberikan efek melengkung (pisang) untuk mengecoh kiper agar bola terlihat menjauh kemudian membelok kembali. 

Berbeda dengan Cristiano Ronaldo, dengan pemikiran yang matang dan latihan yang sering Ronaldo mencoba melawan arus dengan apa yang dilakukan oleh para seniornya. Jika seniornya melakukannya dengan menggesekkan bola Ronaldo justru tidak menggesekkan bola, dia hanya menendang bola jauh ke arah gawang dan berharap angin dapat merubah laju bola. Mengapa demikian?

Jika bola yang dihasilkan Beckham adalah gesekan artinya tendangan Beckham terdapat daya angin yang kencang sehingga angin sulit mengganggu laju bola karena perputaran akibat gesekan bola sangat kuat. Bola beckham terus menghasilkan perputaran yang menghasilkan angin dari perputaran tersebut sampai bola itu berhenti berputar.
bola yang berputar cepat sulit di pengaruhi angin
Nah, tendangan yang di lakukan Ronaldo hanya mendorong bola jauh kedepan. Tanpa menggesek bola, sehingga bola terbang diam. Bola yang di hasilkan tidak punya energi angin, karena tidak bergerak. Disinilah angin dengan mudah merubah laju bola dari tendangan Ronaldo.

Ronaldo hanya 'mendorong' bola jauh ke gawang
Tendangan yang dilakukan Cristiano Ronaldo cenderung lurus dan tidak memberikan efek melengkung seperti yang dilakukan David Beckham. Hal ini justru memudahkannya untuk mengarahkan bola tepat ke sasaran. Selain itu tendangan yang dihasilkan Ronaldo juga memiliki kecepatan yang luar biasa, pada sebuah penelitian pernah kecepatan tendangan Ronaldo hampir menyamain kecepatan Cheetah (kalau tidak salah gol nya ke gawang Real Zaragoza). Sekedar info, tendangan Cristiano Ronaldo bisa mencapai kecepatan 130 km/hour. Yang saya bingung bagaimana caranya Ronaldo bisa menendang dengan kecepatan seperti itu tanpa kekuatan yang penuh?
Saya yakin Ronaldo sudah paham betul tentang teori ini, dari perputaran bola sampai arah angin. Ditambah dengan latihan yang sering hasilnya seperti sekarang ini. Sungguh tendangan bebas yang unik!

Lalu kenapa bola tendangan Ronaldo berubah arah ketika sudah di depan Kiper..??
Inilah teorinya : saat Ronaldo menendang, ada sedikit kekuatan dorongan  (putaran) yang di hasilkan dari tendangannya. Semakin lama, bola semakin sedikit menghasilkan tenaga dan di saat ini lah angin merubah arah. Makanya tidak jarang kiper sulit memblok bola (kaget) meskipun sudah menebak arah bola. Itu juga yang menyebabkan bola yang ditendang ke atas tiba-tiba jatuh dan masuk ke gawang. Inilah yang saya sebut sebagai "teori angin". Semakin lama bola melayang maka kekuatan bola akan semakin sedikit bahkan hilang , nah pada saat inilah angin mempengaruhi bola hingga jatuh ketanah.

Dari sekian banyak gol yang di hasilkan lewat tendangan bebasnya, lebih banyak di hasilkan dari jarak lebih dari 25 meter ke arah gawang, hal ini karena memperbesar kemungkinan teori tersebut. Jika dari jarak dekat maka Ronaldo sulit menggunakan teori ini. Namun bagaimanapun juga hal itu butuh latihan khusus dan sering untuk melakukannya.

Salah satu tendangan bebas Ronaldo :

Cristiano Ronaldo free kick 105 km/hr

Setiap akan melakukan tendangan bebas, Ronaldo selalu mengambil jarak sekitar 4-6 langkah kemudian melebarkan kakinya. Hal ini dilakukannya untuk menyeimbangkan kedua kakinya. Kemudian, sebelum mengeksekusi Ronaldo selalu menghirup udara pelan-pelan lalu menghembusakannya keluar seperti membuang beban. Hal ini dilakukannya agar lebih rileks dan dapat berkonsentrasi sambil mengumpulkan kekuatan dikaki kanannya.

tarik nafas dalam-dalam dan renggangkan otot
Tendangan bebas yang dilakukan Ronaldo Berpotensi menimbukan cedera panjang..
Mark Hughes, mengaku telah lama mengamati cara mantan gelandang sayap Manchester United itu  dalam mengeksekusi tendangan bebas. Dan menurut penilaiannya, Ronaldo punya cara yang unik saat menendang bola. "Cara Ronaldo melakukan tendangan bebas sangat unik dengan pemain manapun. Itu adalah talenta luar biasa yang mampu membuat masalah besar bagi para kiper. Namun teknik yang digunakan tidak biasa," kata Hughes kepada SkySports.com.
Menurut Hughes, Ronaldo memberikan tenaga lebih untuk paha dan otot di sekitar lututnya saat melakukan tendangan bebas. Bila tidak dilakukan dengan benar, teknik ini cukup berpotensi untuk menimbulkan cedera.

"Saya kagum dengan Ronaldo yang memilik tenaga dan kekuatan untuk melakukan teknik seperti itu. Jika itu saya lakukan bahkan ketika saat masih menjadi pemain, saya pasti akan dapat masalah," kata Hughes. 

prepare..
looking..
shoot..
to target..
and goal, I'm the best.. haha
Tetapi hal itu mungkin hanya beberapa persen saja, selebihnya saya yakin Ronaldo telah cukup sering melakukan latihan tendangan bebas dan memiliki akurasi tendangan yang bagus.  Dari hasil survey, tendangan bebas milik Cristiano Ronaldo memang paling sulit ditebak dibanding Beckham dan yang lainnya. Hmm, gimana? Itu menurut analisa saya saja, jika memiliki analisa lain silahkan komen.. :D

0 komentar:

Poskan Komentar


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar